🔴

Jumat, 26 Juli 2024

Koramil 03 Mandau Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Bathin Solapan

Koramil 03 Mandau Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Bathin Solapan

JOURNALISTONDUTY.COM, DURI – Lahan gambut bervegetasi sawit dan semak belukar di wilayah desa Pamesi, kecamatan Bathin Solapan dilaporkan terbakar, Jumat (26/7).

Bara api menggerogoti lapisan gambut nan kering di lingkungan RT003/RW004 pada koordinat 01°23'48,117" North – 101°21'47, 735" East. Danramil 03 Mandau, Kapten Arh. Jemirianto menegaskan, lahan yang terbakar mencapai luas 1,5 hektare.

“Benar, ada titik api yang terpantau di wilayah desa Pamesi, kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis. Titik api berjarak sekira 41 kilometer dari markas kita. Untuk membantu proses pemadaman, Babinsa Serda Joni Rafdal dan Pratu Indro Sinaga segera kita kerahkan ke lokasi dan bersinergi dengan tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) gabungan,” kata Kapten Jemi, Jumat siang.

Perwira TNI Angkatan Darat abituren 1995 ini menyebut, penyebab kebakaran masih dalam upaya penyelidikan lebih lanjut. Berdasarkan informasi yang diperoleh, lahan yang terbakar berada di bawah kepemilikan warga bernama (akrab disapa) Situmorang.

“Dari luas yang terbakar tersebut, tim gabungan sudah memadamkan sekira 0,20 hektare. Sisanya sekira 1,30 hektare masih dalam upaya pemadaman dan masih mengeluarkan asap pekat,” imbuhnya.

Medan di lokasi, ungkap Kapten Jemi, terbilang cukup sulit ditambah dengan sukarnya sumber air serta cuaca yang sangat terik. “Meski demikian, anggota kita tetap berupaya maksimal untuk memadamkan Karhutla. Sampai saat ini upaya pemadaman terus dilakukan bersamaan dengan pembuatan kanal atau sekat basah untuk mengurangi potensi perluasan kebakaran lahan. Kami mohon doa dari seluruh masyarakat agar proses pemadaman lancar, aman dan cepat,” pintanya. (Bres)

Lihat Lainnya :


TrendingTopic :
© Copyright 2024 | Journalist On Duty